Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 2 (Berbagi rpp)

RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 2  - Berbagi RPP  kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Bermain di Lingkunganku (Tema 2)
Sub Tema                  :  Bermain di Lingkungan Rumah ( Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke         :  2
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   TUJUAN
  1. Dengan mendengarkan teman membaca teks “Bermain Simpai”, siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan benar.
  2. Dengan mendengarkan teman membaca teks “Bermain Simpai”, siswa dapat mencatat isi teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda di sekitar dengan benar.
  3. Dengan mengamati gambar “Bermain Simpai”, siswa dapat menjelaskan prosedur variasi gerakan memutar badan tanpa berpindah tempat dengan benar.
  4. Dengan bimbingan guru, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak memutar badan tanpa berpindah dengan benar.
  5. Dengan membaca teks percakapan antara Beni, Tiur, dan Ibu, siswa dapat mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
  6. Dengan menggunakan teks percakapan, siswa dapat mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah dengan benar.
  7. Dengan menggunakan simpai, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan benar.
  8. Dengan melakukan pengamatan, siswa dapat mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan bentuknya dengan benar.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN



Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

15 menit

Kegiatan Pembelajaran

Ayo Mengamati
  • Pada awal pembelajaran, siswa diarahkan mengamati dan membaca teks percakapan “Beni dan Kak Tiur”
  • Siswa diarahkan oleh guru untuk mengajukan pertanyaan menggunakan kata tanya siapa, mengapa, di mana,bagaimana, dan kapan berdasarkan gambar dan teks percakapan yang telah dibaca.(HOTS)

Ayo Membaca
  • Sebelum membaca, terlebih dahulu siswa diarahkan untuk memprediksi isi bacaan melalui teks percakapan sebelumnya.
  • Setelah memprediksi, siswa membaca dengan lancar teks “Bermain Simpai”. 
  • Masing-masing siswa menyebutkan isi teks yang telah dibaca.
  • Siswa diarahkan untuk menyesuaikan prediksi yang dilakukan sebelumnya dengan isi teks yang sebenarnya.

Ayo Menulis
  • Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks bacaan.
  • Siswa membacakan jawaban yang telah ditulis, kemudian siswa lain diminta untuk saling menanggapi.
  • Guru meluruskan dan memberi penguatan terhadap jawaban siswa.
  •  Beberapa orang siswa diminta menceritakan kembali isi teks “Bermain Simpai”.
(Creativity and Innovation)
Ayo Berlatih
  • Siswa mengamati gambar “Beni sedang Bermain Simpai”.
  • Siswa diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang gambar yang telah diamati.
  • Siswa lain diminta untuk menjawab pertanyaan yang diajukan temannnya.
  • Guru membimbing siswa memainkan simpai berdasarkan gambar yang ada pada buku. Fokus guru: setelah siswa mampu memutar simpainya dengan lancar, guru dapat memvariasikan permainan dengan iringan musik.

Ayo Membaca
  • Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok (masing-masing kelompok beranggotakan tiga orang).
  • Siswa bersama teman kelompoknya membaca teks percakapan antara Beni, Tiur, dan Ibu.
  • Masing-masing kelompok secara bergantian memperagakan teks percakapan tersebut ke depan kelas.
  • Kelompok lain diminta untuk menanggapi penampilan kelompok yang tampil.

Ayo Berdiskusi
  • Siswa secara berkelompok mendiskusikan jawaban dari pertanyaan teks percakapan yang telah diperagakan.
  • Masing-masing kelompok membacakan hasil diskusinya, kemudian kelompok lain diminta untuk menanggapi.
  • Guru meluruskan jawaban dari masing-masing kelompok, kemudian menjelaskan tentang pentingnya aturan dalam bermain.
(Critical Thinking nad Problem Formulation)

Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati simpai yang ia mainkan (meliputi warna, bentuk, permukaan, dan kegunaannya), kemudian menuliskan hasil pengamatannya pada kolom yang ada di buku siswa.
  • Siswa mengamati benda-benda yang ada di lingkungan sekitar.
  • Siswa mengelompokkan benda-benda yang bentuknya menyerupai simpai dan menuliskannya pada tabel yang ada di buku siswa. (HOTS)

Penutup
1.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

15 menit



C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 2

Mengetahui

 Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


 ..........................                                                                                          ........................

 NIP. ..................                                                                                          NIP...................

Subtema 4

RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD  Tema 2
Subtema 1

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 2 (Berbagi rpp)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel