Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 4 (Berbagi rpp)

RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 4  - Berbagi RPP  kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Bermain di Lingkunganku (Tema 2)
Sub Tema                  :  Bermain di Lingkungan Rumah ( Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke         :  4
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   TUJUAN
  1. Dengan penjelasan guru, siswa dapat membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak menggunakan simbol dengan benar.
  2. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menentukan tekanan kuat dan lemah pada lagu berbirama dua atau tiga dengan tepat.
  3. Dengan bimbingan guru, siswa dapat memainkan/menyuarakan panjang dan pendek nada pada lagu anak dengan benar.
  4. Dengan bimbingan guru, siswa dapat memainkan/menyuarakan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak berbirama dua atau tiga.
  5. Dengan bekerja kelompok, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan benar.
  6. Dengan mendengarkan teman membaca teks percakapan, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan keragaman benda di sekitar dengan rinci.
  7. Dengan mendengarkan teman membaca teks percakapan, siswa dapat mencatat isi teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda dengan rinci.
  8. Dengan mengamati contoh yang dijelaskan guru, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang perkalian dengan benar.
  9. Dengan mengamati contoh yang dijelaskan guru, siswa dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar.
  10. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dengan tepat.  

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN




Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

15 menit
Inti
Kegiatan Pembelajaran

Ayo Bernyanyi
  • Di awal pembelajaran, siswa diminta memberi tanda sesuai jumlah ketukan yang ada pada lagu “Berdayung” dengan menggunakan simbol
  • Siswa kembali diminta menyanyikan lagu “Berdayung” secara bersama-sama dengan memperhatikan nada sesuai ketukan serta tekanan kuat dan lemah pada lagu.
(Creativity and Innovation)
Ayo Mencoba
  • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4-5 orang.
  • Siswa melakukan percobaan berdasarkan langkah kerja yang ada pada buku siswa.
  • Siswa melakukan pengamatan terhadap percobaan yang dilakukan, kemudian menuliskan hasil pengamatan dan simpulan dari kegiatan tersebut.
  • Hasil pengamatan masing-masing kelompok dibacakan di depan kelas secara bergantian.
  • Masing-masing kelompok diarahkan untuk saling memberikan tanggapan maupun saran atas hasil pengamatan yang dibacakan.
(Critical Thinking and Problem Formulation|)

Ayo Membaca
  • Dua orang siswa ke depan kelas membacakan teks percakapan antara ibu dan Beni tentang sifat-sifat benda cair.
  • Siswa lain memperhatikan dan mendengarkan teks percakapan yang dibacakan.
  • Siswa menceritakan isi teks percakapan yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri. (Creativity and Innovation)

Ayo Menulis
  • Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan yang telah dibacakan.
  • Siswa menukarkan jawaban dengan teman sebangkunya, kemudian bersama guru siswa saling memeriksa jawaban yang telah ditulis.

Ayo Berlatih
  • Siswa mengamati contoh penyelesaian soal perkalian yang ada di buku siswa.
  • Siswa menjelaskan penyelesaian dari contoh soal yang telah diamati.
  • Siswa menyelesaikan beberapa soal tentang perkalian berdasarkan contoh.
  •  Kemudian siswa memecahkan masalah sederhana tentang perkalian melalui soal cerita.
  • Siswa bersama guru saling mendiskusikan jawaban yang telah ditulis.
(Critical Thinking and Problem Formulation)


140 menit

Penutup
1.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

15 menit








C.    PENILAIAN (ASESMEN)


Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 2

Mengetahui

 Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


 ..........................                                                                                          ........................

 NIP. ..................                                                                                          NIP...................

Subtema 4

RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD  Tema 2
Subtema 1

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 4 (Berbagi rpp)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel