RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 3 (Berbagi rpp)
Minggu, 16 Agustus 2020
Tambah Komentar
RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 3 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
Penutup
C. PENILAIAN (ASESMEN)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Bermain di Lingkunganku
(Tema 2))
Sub Tema : Bermain di Lingkungan Rumah
( Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat
menentukan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak berbirama dua atau tiga
dengan benar.
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat
memainkan/menyuarakan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak berbirama dua
atau tiga dengan benar.
- Dengan membaca teks “Benda-benda di Sekitar
Kita”, siswa dapat menemukan
kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan bentuknya
dengan benar.
- Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan
makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan bentuknya
dengan tepat.
- Dengan melakukan pengamatan, siswa dapat menuliskan hasil peng-amatan
sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan ejaan yang
tepat.
- Dengan mengamati contoh dan bimbingan guru,
siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah
tentang perkalian dengan benar.
- Dengan mengamati contoh, siswa dapat
menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan
benar.
- Dengan
menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang,
siswa dapat menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah
sampai 100 dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pembukaan
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Kegiatan Pembelajaran
Ayo Bernyanyi
- Pada awal pembelajaran, siswa menyanyikan lagu “Berdayung” dengan memperhatikan tekanan kuat dan tekanan lemah. Sebelumnya diberikan penjelasan terlebih dahulu oleh guru tentang tekanan kuat dan lemah pada lagu.
- Siswa secara bersama-sama menyanyikan lagu “Berdayung” berdasarkan arahan guru.
(Creativity and Innovation)
Ayo Mengamati
- Siswa mengamati sebuah gambar dan membaca balon percakapan yang ada di samping gambar.
- Pada balon percakapan dijelaskan ciri-ciri dan kegunaan gambar, kemudian siswa diminta menebak gambar yang telah dijelaskan pada balon percakapan tesebut.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Menulis
- Siswa menjawab pertanyaan tentang gambar berdasarkan teks yang ada pada balon percakapan dengan tulisan tegak bersambung.
- Siswa menukarkan jawaban yang telah ditulis dengan teman sebangkunya, kemudian bersama guru siswa saling memeriksa jawaban.
Ayo Membaca
- Siswa membaca teks tentang “Benda-benda di Sekitar Kita”. Sebelumnya siswa diminta membaca judul teks terlebih dahulu, kemudian berdasarkan judul tersebut siswa memprediksi isi teks yang akan dibaca.
- Masing-masing siswa menyebutkan isi teks yang telah dibaca. (Mandiri)
- Siswa diarahkan untuk menyesuaikan prediksi yang dilakukan sebelumnya dengan isi teks yang sebenarnya.
Ayo Berdiskusi
- Setelah membaca teks, siswa berdiskusi untuk menemukan kata-kata sulit dan mencari maknanya.
- Untuk menguji pemahaman, siswa mengerjakan latihan dengan menyusun dengan tepat huruf yang masih acak menjadi kata yang bermakna.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Mencoba
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4-5 orang. (Gotong Royong)
- Siswa melakukan percobaan berdasarkan langkah kerja yang ada pada buku siswa.
- Siswa melakukan pengamatan terhadap percobaan yang dilakukan, kemudian menuliskan hasil pengamatan dan simpulan dari kegiatan tersebut.(HOTS)
- Hasil pengamatan masing-masing kelompok dibacakan di depan kelas secara bergantian
- Masing-masing kelompok diarahkan untuk saling memberikan tanggapan maupun saran atas hasil pengamatan yang dibacakan.(Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Mengamati
- Siswa kemudian dikenalkan kembali dengan penjumlahan berulang sebagai konsep perkalian.
- Siswa berdiskusi dengan teman sebangku untuk menyelesaikan soal yang berhubungan dengan konsep perkalian.
- Siswa menjelaskan konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang. (Creativity and Innovation)
Ayo Berlatih
- Siswa menyelesaikan soal-soal latihan tentang perkalian. (Mandiri)
- Siswa menukarkan jawaban dengan teman sebangku, kemudian siswa bersama guru saling memeriksa jawaban yang telah ditukarkan.
Penutup
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... ........................
Subtema 1
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................. NIP...................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 2
Subtema 3- 1.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 1
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 3 (Berbagi rpp)"
Posting Komentar