Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 3 (Berbagi rpp)

RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 3  - Berbagi RPP  kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Bermain di Lingkunganku (Tema 2))
Sub Tema                  :  Bermain di Lingkungan Rumah ( Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke         :  3
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   TUJUAN
  1. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menentukan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak berbirama dua atau tiga dengan benar.
  2. Dengan bimbingan guru, siswa dapat memainkan/menyuarakan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak berbirama dua atau tiga dengan benar.
  3. Dengan membaca teks “Benda-benda di Sekitar Kita”,  siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan bentuknya dengan benar.
  4. Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan bentuknya dengan tepat.
  5. Dengan melakukan pengamatan,  siswa dapat menuliskan hasil peng-amatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan ejaan yang tepat.
  6. Dengan mengamati contoh dan bimbingan guru, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang perkalian dengan benar.
  7. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar.
  8. Dengan  menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang, siswa dapat menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dengan benar.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pembukaan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Pembelajaran

Ayo Bernyanyi
  • Pada awal pembelajaran, siswa menyanyikan lagu “Berdayung” dengan memperhatikan tekanan kuat dan tekanan lemah. Sebelumnya diberikan penjelasan terlebih dahulu oleh guru tentang tekanan kuat dan lemah pada lagu.
  • Siswa secara bersama-sama menyanyikan lagu “Berdayung” berdasarkan arahan guru.
(Creativity and Innovation)
Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati sebuah gambar dan membaca balon percakapan yang ada di samping gambar.
  • Pada balon percakapan dijelaskan ciri-ciri dan kegunaan gambar, kemudian siswa diminta menebak gambar yang telah dijelaskan pada balon percakapan tesebut.
(Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Menulis
  • Siswa menjawab pertanyaan tentang gambar berdasarkan teks yang ada pada balon percakapan dengan tulisan tegak bersambung.
  • Siswa menukarkan jawaban yang telah ditulis dengan teman sebangkunya, kemudian bersama guru siswa saling memeriksa jawaban.

Ayo Membaca
  • Siswa membaca teks tentang “Benda-benda di Sekitar Kita”. Sebelumnya siswa diminta membaca judul teks terlebih dahulu, kemudian berdasarkan judul tersebut siswa memprediksi isi teks yang akan dibaca.
  • Masing-masing siswa menyebutkan isi teks yang telah dibaca. (Mandiri)
  • Siswa diarahkan untuk menyesuaikan prediksi yang dilakukan sebelumnya dengan isi teks yang sebenarnya.

Ayo Berdiskusi
  • Setelah membaca teks, siswa berdiskusi untuk menemukan kata-kata  sulit dan mencari maknanya.
  • Untuk menguji pemahaman, siswa mengerjakan latihan dengan menyusun dengan tepat huruf yang masih acak menjadi kata yang bermakna.
(Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Mencoba
  • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4-5 orang. (Gotong Royong)
  • Siswa melakukan percobaan berdasarkan langkah kerja yang ada pada buku siswa.
  • Siswa melakukan pengamatan terhadap percobaan yang        dilakukan, kemudian menuliskan hasil pengamatan dan simpulan dari kegiatan tersebut.(HOTS)
  • Hasil pengamatan masing-masing kelompok dibacakan di depan kelas secara bergantian
  • Masing-masing kelompok diarahkan untuk saling memberikan tanggapan maupun saran atas hasil pengamatan yang dibacakan.(Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Mengamati
  • Siswa kemudian dikenalkan kembali dengan penjumlahan berulang sebagai konsep perkalian.
  • Siswa berdiskusi dengan teman sebangku untuk menyelesaikan soal yang berhubungan dengan konsep perkalian.
  • Siswa menjelaskan konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang. (Creativity and Innovation)

Ayo Berlatih
  • Siswa menyelesaikan soal-soal latihan tentang perkalian. (Mandiri)
  • Siswa menukarkan jawaban dengan teman sebangku, kemudian siswa bersama guru saling memeriksa jawaban yang telah ditukarkan.



Penutup
1.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.


C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 2

Mengetahui

 Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


 ..........................                                                                                          ........................

 NIP. ..................                                                                                          NIP...................

Subtema 4

RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD  Tema 2
Subtema 1

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah 3 (Berbagi rpp)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel