Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan 4 (berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan  4 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  3 /1
Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema                   :  Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan (Sub Tema 4)
Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia, PPkN, PJOK
Pembelajaran ke        :  4
Alokasi waktu             :  1 hari

A.   TUJUAN
1.    Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan umbi dengan tepat.
2.    Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan umbi dengan tepat.
3.    Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan benar.
4.    Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu  dalam menjalankan satu kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan benar
5.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam bentuk permainan lompat bambu  dengan benar.
6.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam bentuk permainan lompat bambu dengan percaya diri.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Kegiatan
Inti
Ayo Mengamati
·         Siswa mengamati umbi-umbian dan makanan hasil olahan yang berasal dari umbi-umbian yang dibawa oleh guru.
·         Siswa menjawab pertanyaan tentang nama, rasa, dan makanan yang berasal dari umbi-umbian. (Critical Thinking and Problem Solving)
·         Siswa berbagi pengalaman mencicipi makanan yang berasal dari umbi-umbian.
·         Siswa mengamati berbagai umbi-umbian lalu membandingkan satu dengan lainnya.
·         Siswa menuliskan hasil perbandingan di tempat yang disediakan.
·         Siswa mengamati bawang merah. Lalu memotong dan membuka lapisan-lapisan bawang merah.
·         Siswa berdiskusi untuk menyimpulkan bawang merah disebut umbi lapis.
·         Siswa bertanya pada orang dewasa di sekitarnya mengenai cara perkembangbiakan bawang merah.

Ayo Mencoba
·         Batang pohon singkong yang tidak terpakai bisa digunakan untuk sebuah permainan seperti gatrik atau alat ukur dalam sebuah permainan.
·         Kegiatan dilakukan seperti berikut:
Ø  Siapkan garis batas, sebagai garis tanda awal lompatan
Ø  Siapkan batang untuk alat mengukur lompatan.
Ø  Siswa mulai mengambil ancang-ancang.
Ø  Siswa berlari sampai garis batas lompatan.
Ø  Siswa mulai melompat pada garis tersebut.
Ø  Beri tanda batas lompatan siswa.
Ø  Ukurlah jarak lompatan siswa menggunakan batang pohon.
Ø  Amati siswa yang paling jauh lompatannya.

Ayo Berlatih
·         Siswa mengamati gambar Siti sedang bekerja sama membuat getuk. Getuk adalah makanan tradisional yang berbahan dasar umbi-umbian. Saat bekerja mereka membagi tugas dengan merata, sehingga semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik dan dalam waktu yang lebih singkat.
Siswa menulis pengalaman bekerja sama dengan teman pada tempat yang tersedia. (Creativity and Innovation)
Kegiatan
Penutup
1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.






C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 3


Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 


 ..........................                                                                                           .......................

 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel