RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan 4 (berbagi RPP)
Sabtu, 01 Agustus 2020
RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan 4 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
3 /1
Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan
Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan (Sub
Tema 4)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPkN, PJOK
Pembelajaran ke :
4
Alokasi waktu :
1 hari
A.
TUJUAN
1. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi
ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan
tumbuhan umbi dengan tepat.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan
pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan
tumbuhan umbi dengan tepat.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan makna
bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan
pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu
dalam menjalankan satu kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan benar
5. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menjelaskan
prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam bentuk permainan lompat
bambu dengan benar.
6. Setelah mengamati contoh, siswa dapat
mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam bentuk permainan
lompat bambu dengan percaya diri.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Pendahuluan
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
Kegiatan
Inti
Ayo Mengamati
·
Siswa mengamati
umbi-umbian dan makanan hasil olahan yang berasal dari umbi-umbian yang
dibawa oleh guru.
·
Siswa menjawab
pertanyaan tentang nama, rasa, dan makanan yang berasal dari umbi-umbian. (Critical
Thinking and Problem Solving)
·
Siswa berbagi
pengalaman mencicipi makanan yang berasal dari umbi-umbian.
·
Siswa mengamati
berbagai umbi-umbian lalu membandingkan satu dengan lainnya.
·
Siswa menuliskan hasil
perbandingan di tempat yang disediakan.
·
Siswa mengamati bawang
merah. Lalu memotong dan membuka lapisan-lapisan bawang merah.
·
Siswa berdiskusi untuk
menyimpulkan bawang merah disebut umbi lapis.
·
Siswa bertanya pada
orang dewasa di sekitarnya mengenai cara perkembangbiakan bawang merah.
Ayo Mencoba
·
Batang pohon singkong
yang tidak terpakai bisa digunakan untuk sebuah permainan seperti gatrik atau
alat ukur dalam sebuah permainan.
·
Kegiatan dilakukan
seperti berikut:
Ø Siapkan garis batas, sebagai garis tanda awal lompatan
Ø Siapkan batang untuk alat mengukur lompatan.
Ø Siswa mulai mengambil ancang-ancang.
Ø Siswa berlari sampai garis batas lompatan.
Ø Siswa mulai melompat pada garis tersebut.
Ø Beri tanda batas lompatan siswa.
Ø Ukurlah jarak lompatan siswa menggunakan batang pohon.
Ø Amati siswa yang paling jauh lompatannya.
Ayo Berlatih
·
Siswa mengamati gambar
Siti sedang bekerja sama membuat getuk. Getuk adalah makanan tradisional yang
berbahan dasar umbi-umbian. Saat bekerja mereka membagi tugas dengan merata,
sehingga semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik dan dalam waktu yang
lebih singkat.
Siswa menulis pengalaman bekerja sama dengan teman pada
tempat yang tersedia. (Creativity and Innovation)
Kegiatan
Penutup
1. Siswa mapu mengemukan hasil
belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 3 SD Tema 1
Subtema 1
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 4