RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Cara tubuh Mengolah Udara Bersih 1
Jumat, 14 Agustus 2020
Tambah Komentar
RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Cara tubuh Mengolah Udara Bersih 1 - Berbagi RPP Team Pada kesempatan kali ini telah menyiapkan contoh dan file download Dokument pembelajaran berupa RPP untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan
: SD/MI .....................
Kelas / Semester :
5 /1
Tema : Udara Bersih Bagi
Kesehatan ( Tema 2)
Sub Tema : Cara Tubuh Mengolah Udara
Bersih (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke :
6
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
- Dengan menuliskan pendapat, siswa mampu
menggali informasi dari teks berkaitan dengan pertanyaan apa dan
bagaimana.
- Dengan menyimak penjelasan guru dan membaca
teks, siswa mampu menjelaskan jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga
masyarakat.
- Dengan berdiskusi, siswa mampu mengambil
keputusan bersama untuk membagi
tugas mencari contoh dan berlatih menyanyikan lagu bertangga nada mayor
dan minor.
- Dengan bercerita, siswa mampu melaporkan
pengalaman proses pen-gambilan keputusan bersama sebagai warga kelas.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek
kehadiran siswa
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa
yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling
awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan
menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila
atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya
menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit
materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan,
makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan
buku guru menjelaskan tujuan kegiatan
literasi
|
15 menit
|
Inti
|
A.
Ayo Membaca
Ø
Siswa membaca teks dalam Buku Siswa.
Ø
Siswa menuliskan pendapat tentang kondisi
seperti pada bacaaan dalam Buku Siswa.
Ø
Siswa membacakan pendapatnya di depan
kelas.
Ø
Kegiatan ini bertujuan
agar siswa paham terhadap materi Bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2 serta PPKn
KD 1.2, 2.2, 3.2, dan 4.2.
Hasil yang Diharapkan;
-
Sikap teliti dalam
membaca teks dan percaya diri dalam memberikan pendapat.
-
Pengetahuan tentang
menjawab pertanyaan bagaimana dan apa serta tanggung jawab sebagai warga
masyarakat.
-
Keterampilan menuliskan dan menyampaikan
pendapat atas suatu masalah.
B.
Ayo Berdiskusi
Ø
Siswa membaca teks
“Jenis-Jenis Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat” pada Buku Siswa.
Ø
Siswa menggaris bawahi informasi penting
pada teks bacaan.
Ø
Guru dapat mengajak
siswa bertanya jawab mengenai isi teks.
Ø
Siswa melakukan
kegiatan diskusi kelas seperti petunjuk dalam Buku Siswa.
Ø
Diskusi untuk membagi
kelompok dan cara melaksanakan tugas menyanyikan lagu mayor atau minor dan
bermain musik un-tuk mengiringinya.
Ø
Selama kegiatan
diskusi berlangsung, guru dapat mendorong seluruh siswa untuk ikut aktif
berperan.
Ø
Siswa mencatat hasil
diskusi.
Ø
Siswa menuliskan
pengalaman berdiskusi dan mengambil keputusan bersama.
Ø
Selanjutnya siswa
berlatih menyanyikan lagu mayor atau minor dan mengiringinya.Kegiatan ini
untuk mencapai kompetensi dari PPKn KD 1.2, 2.2, 3.2, dan 4.2 dan SBdP KD 3.2
dan 4.2.
|
140 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa mapu mengemukan
hasil belajar hari ini
2.
Guru memberikan
penguatan dan kesimpulan
3.
Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.
Penugasan dirumah
·
Dengan bantuan orang
tua, siswa mendedintifikasi jenis tanggung jawab dirumah.
5. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
6. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
NIP. .................. NIP. ................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
Kepala Sekolah, Guru Kelas
RPP K13 1 Lembar Kelas 5 SD Tema 1
Subtema 1
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
RPP K13 1 Lembar Kelas 5 SD Tema 1
Subtema 3
- 5.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 5.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 5.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 5.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 5.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 5.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
RPP K13 1 Lembar Kelas 5 SD Tema 1
Subtema 4
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Cara tubuh Mengolah Udara Bersih 1 "
Posting Komentar