Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Sumber Energi 1

RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Sumber Energi - Berbagi RPP Team Pada kesempatan kali ini telah  menyiapkan contoh dan file download Dokument pembelajaran berupa RPP untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan             :    SD/MI  .....................
Kelas / Semester                 :  IV (Empat) / 1
Tema 2                               :  Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1                        :   Sumber Energi
Pembelajaran                      :  1
Alokasi Waktu                     :  1 Hari

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Setelah mengamati teks visual, siswa mampu mengidentifikasi gambar-gambar dari teks visual yang diamati dengan terperinci.
2.     Setelah mengamati teks visual, siswa mampu menuliskan gagasan pokok dari teks visual yang diamati dengan terperinci.
3.     Dengan percobaan, siswa mampu menjelaskan manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
4.     Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi matahari dalam kehidupan dengan sistematis.
5.     Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan tepat.
6.     Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan sistematis.

B.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN


Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikansalam dan mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dan keyakinanmasing-masing.Religius
¡   Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadiran dan memeriksakerapihanpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelalu Berhemat Energi”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
§  Siswa duduk secara berkelompok. Satukelompok terdiri dari 5 siswa. Collaboration
§  Siswa mengamati teks visual yang ada dibuku siswa. Literasi
§  Guru menanyakan (gambar apa sajayang kamu amati?) Communication
§  Setiap kelompok mendikusikanpertanyaan berikut.
1. Apa yang diceritakan gambar tersebut?
2. Sebutkan peristiwa pada gambar yangmendukung alasanmu!
§  Setiap kelompok akan menyampaikan jawabannya kepada kelompoksebelahnya. Collaboration
§  Guru akan membahas satu persatu gambar di depan kelas. Guru bisamenunjuk siswa untuk menyampaikan jawabannya.
§  Secara individu siswa akan menuliskan gagasan pokok dari gambaryang telah diamatinya. Siswa akan menukar jawabannya kepada temansebelahnya. Mandiri
§  Sebagai pengantar untuk materi pemanfaatan matahari, guru membawa satu jenis tumbuhan dan memperlihatkan kepada siswa. Minta siswa untuk mengamati tumbuhan tersebut dengan teliti. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa juga kemudian diminta untuk mengamati terangnya cuaca di pagi/siang hari dari kaca jendela kelas. (Mengamati)
§  Siswa kemudian mengamati gambar tentang peran matahari bagi kehidupan di Bumi. Ingatkan siswa untuk mengamati dengan teliti setiap detail pada gambar tersebut.
§  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan gambar. Mandiri
§  Siswa juga diminta untuk mengilustrasikan tentang manfaat lain matahari selain yang telah tertera pada gambar. Creativity and Innovation
§  Siswa kemudian diminta untuk mengubah gambar mereka kedalam bentuk tulisan/cerita .
§  Siswa diingatkan kembali tentang manfaat panas matahari yaitu menguapkan zat cair yang terdapat di Bumi.
§  Siswa digiring untuk dapat berpikir secara luas, dalam, dan kritis untuk dapat memahami hubungan antara matahari dengan kehidupan di Bumi.
§  Siswa melakukan percobaan untuk membuktikan penguapan zat cair oleh panas matahari, berdasarkan instruksi yang terdapat di buku. (Mengekplorasi)
§  Saat menunggu proses percobaan, siswa mengerjakan tugas membaca senyap teks pendek “Kisah Ali si Biji Energi” yang terdapat di buku. Literasi
§  Siswa kemudian menuliskan manfaat matahri bagi kehidupan di Bumi dalam bentuk peta pikiran. Mandiri
§  Siswa dibebaskan untuk membuat peta pikiran mereka dalam bentuk tulisan maupun gambar.
§  Siswa membaca senyap teks tentang jenis-jenis sumber daya alam.
§  Siswa dalam kelompok kemudian melanjutkan pengamatan hasil percobaan tentang pengaruh panas matahari pada zat cair di Bumi.
§  Siswa menuliskan 4 pengaruh panas matahari pada objek benda berdasarkan hasil percobaan.
§  Siswa menuliskan proses dan hasil percobaan dalam bentuk laporan.
§  Siswa mengamati gambar jagung bakar yang terdapat di buku.
§  Siswa secara berpasangan dengan teman di sebelah kemudian mendiskusikan pertanyaan bacaan terkait materi tentang ketersediaan sumber daya alam. Gotong Royong
§  Siswa membaca senyap teks tentang jenis-jenis sumber daya alam.
§  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks, dan menuliskannya di buku.
§  Siswa secara berpasangan mendiskusikan jawaban mereka.  Collaboration
§  Siswa kembali diminta untuk menggambarkan penggunaan salah satu sumber daya alam yang patut dicontoh. Gambar mereka harus memuat kegiatan ekonomi yang menggunakan salah satu sumber daya alam dan usaha menjaga keberadaannya. (Mengekplorasi)
§  Siswa saling menyampaikan gambar mereka kepada seorang teman untuk diberikan masukan. (Mengkomunikasikan)
§  Siswa kemudian menjelaskan gambar mereka dalam bentuk tulisan.Literasi
§  Tulisan yang dibuat harus memuat Sumber daya alam yang dipilih danyang diperjualbelikan, serta contoh-contoh kegiatan untuk menjagakelestariannya.
35 MenitX  30 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehariIntegritas
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukanpenilaianhasilbelajar
¡   Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dan keyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius
15 menit





C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 4

Mengetahui

Kepala Sekolah,                                                                                    Guru Kelas 


 ..........................                                                                                     .......................
 NIP. ..................                                                                                     NIP. ................

    Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Sumber Energi 1"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel