RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Sumber Energi 1
Jumat, 14 Agustus 2020
Tambah Komentar
RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Sumber Energi - Berbagi RPP Team Pada kesempatan kali ini telah menyiapkan contoh dan file download Dokument pembelajaran berupa RPP untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (
RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 : Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati teks visual, siswa mampu mengidentifikasi
gambar-gambar dari teks visual yang diamati dengan terperinci.
2.
Setelah mengamati teks visual, siswa mampu menuliskan
gagasan pokok dari teks visual yang diamati dengan terperinci.
3.
Dengan percobaan, siswa mampu menjelaskan manfaat energi
matahari dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
4.
Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil
pengamatan tentang perubahan bentuk energi matahari dalam kehidupan dengan
sistematis.
5.
Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu
mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan tepat.
6.
Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu
menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk
tulisan dengan sistematis.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru
memberikansalam dan mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dan
keyakinanmasing-masing.Religius
¡
Guru
mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadiran dan
memeriksakerapihanpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa duduk secara
berkelompok. Satukelompok terdiri dari 5 siswa. Collaboration
§ Siswa mengamati teks visual
yang ada dibuku siswa. Literasi
§ Guru menanyakan (gambar apa
sajayang kamu amati?) Communication
§ Setiap kelompok
mendikusikanpertanyaan berikut.
1. Apa yang diceritakan gambar tersebut?
2. Sebutkan peristiwa pada gambar yangmendukung alasanmu!
§ Setiap kelompok akan
menyampaikan jawabannya kepada kelompoksebelahnya. Collaboration
§ Guru akan membahas satu
persatu gambar di depan kelas. Guru bisamenunjuk siswa untuk menyampaikan
jawabannya.
§ Secara individu siswa akan
menuliskan gagasan pokok dari gambaryang telah diamatinya. Siswa akan menukar
jawabannya kepada temansebelahnya. Mandiri
§ Sebagai pengantar untuk
materi pemanfaatan matahari, guru membawa satu jenis tumbuhan dan
memperlihatkan kepada siswa. Minta siswa untuk mengamati tumbuhan tersebut
dengan teliti. Critical Thinking and Problem Solving
§ Siswa juga kemudian diminta
untuk mengamati terangnya cuaca di pagi/siang hari dari kaca jendela kelas.
(Mengamati)
§ Siswa kemudian mengamati
gambar tentang peran matahari bagi kehidupan di Bumi. Ingatkan siswa untuk
mengamati dengan teliti setiap detail pada gambar tersebut.
§ Siswa menjawab pertanyaan
berdasarkan gambar. Mandiri
§ Siswa juga diminta untuk
mengilustrasikan tentang manfaat lain matahari selain yang telah tertera pada
gambar. Creativity
and Innovation
§ Siswa kemudian diminta untuk
mengubah gambar mereka kedalam bentuk tulisan/cerita .
§ Siswa diingatkan kembali
tentang manfaat panas matahari yaitu menguapkan zat cair yang terdapat di
Bumi.
§ Siswa digiring untuk dapat
berpikir secara luas, dalam, dan kritis untuk dapat memahami hubungan antara
matahari dengan kehidupan di Bumi.
§ Siswa melakukan percobaan
untuk membuktikan penguapan zat cair oleh panas matahari, berdasarkan
instruksi yang terdapat di buku. (Mengekplorasi)
§ Saat menunggu proses
percobaan, siswa mengerjakan tugas membaca senyap teks pendek “Kisah Ali si
Biji Energi” yang terdapat di buku. Literasi
§ Siswa kemudian menuliskan
manfaat matahri bagi kehidupan di Bumi dalam bentuk peta pikiran. Mandiri
§ Siswa dibebaskan untuk
membuat peta pikiran mereka dalam bentuk tulisan maupun gambar.
§ Siswa membaca senyap teks
tentang jenis-jenis sumber daya alam.
§ Siswa dalam kelompok
kemudian melanjutkan pengamatan hasil percobaan tentang pengaruh panas
matahari pada zat cair di Bumi.
§ Siswa menuliskan 4 pengaruh
panas matahari pada objek benda berdasarkan hasil percobaan.
§ Siswa menuliskan proses dan
hasil percobaan dalam bentuk laporan.
§ Siswa mengamati gambar
jagung bakar yang terdapat di buku.
§ Siswa secara berpasangan
dengan teman di sebelah kemudian mendiskusikan pertanyaan bacaan terkait
materi tentang ketersediaan sumber daya alam. Gotong Royong
§ Siswa membaca senyap teks
tentang jenis-jenis sumber daya alam.
§ Siswa menjawab pertanyaan
berdasarkan teks, dan menuliskannya di buku.
§ Siswa secara berpasangan
mendiskusikan jawaban mereka. Collaboration
§ Siswa kembali diminta untuk
menggambarkan penggunaan salah satu sumber daya alam yang patut dicontoh.
Gambar mereka harus memuat kegiatan ekonomi yang menggunakan salah satu
sumber daya alam dan usaha menjaga keberadaannya. (Mengekplorasi)
§ Siswa saling menyampaikan
gambar mereka kepada seorang teman untuk diberikan masukan.
(Mengkomunikasikan)
§ Siswa kemudian menjelaskan
gambar mereka dalam bentuk tulisan.Literasi
§ Tulisan yang dibuat harus
memuat Sumber daya alam yang dipilih danyang diperjualbelikan, serta
contoh-contoh kegiatan untuk menjagakelestariannya.
|
35 MenitX 30 JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehariIntegritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukanpenilaianhasilbelajar
¡ Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut
agama dan keyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius
|
15 menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
NIP. .................. NIP. ................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
RPP K13 1 Lembar Kelas 4 SD Tema 1
Subtema 2
- 4.1.2.Pertemuan Ke 1 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 2 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 3 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 4 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 5 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 6 .doc
Subtema 3
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Sumber Energi 1"
Posting Komentar