Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman 2

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman 2 - Berbagi RPP Team Pada kesempatan kali ini telah  menyiapkan contoh dan file download Dokument pembelajaran berupa RPP untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) 
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019) 

Satuan Pendidikan : SD/MI  .....................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3 : BersyukuratasKeberagaman
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Setelah bereksplorasi, siswa mampu menentukan besar sudut dalam pada segi banyak dengan benar.
  2. Setelah berdiskusi, siswa mampu membuktikan hubungan banyak sisi dan besar sudut pada segi banyak beraturan dengan benar.
  3. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan bahwa keberagaman akan memperkaya ketika bekerjasama dengan terperinci.
  4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman diri bekerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.
  5. Setelah berlatih, siswa mampu mempraktikkan tarian Tari Bungong Jeumpa dengan formasi dan iringan musik dengan benar.


B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pembukaan

  1. Gurumemberikansalam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.Religius
  2. Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
  3. Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”.Integritas
  4. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.


Inti Kegiatan

  • Siswa membaca teks cerita yang ada di buku siswa secara individu. Siswa membaca dengan membaca senyap. Literasi
  • Siswa dibagi ke dalam kelompok. Guru bisa mengubah pengelompokkan dari kelompok yang ada di sesi 1.  Gotong Royong
  • Siswa mendiskusikan pertanyaan berikut. Siswa menulis jawabannya pada kalender bekas. Siswa menulis dalam ukuran yang cukup besar supaya mudah terbaca. (Menanya)
  • Guru menanyakan kepada siswa, pengalaman mereka bekerjasama dalamperbedaan. Siswa bisa menyampaikan pengalamannya kepada temansebelahnya. Guru juga bisa berbagi cerita pengalamannya bekerjsamadalam keberagaman. Literasi
  • Siswa diminta menuliskan pengalamannya bekerjsama dalam perbedaan.

Hal-hal yang ditulis:
  • Jenis kerjasama.
  • Perbedaan yang ada.
  • Manfaat dari kerjasama dalam perbedaan.
  • Nilai-nilai baik yang bisa kamu ambil.
  • Siswa kembali berlatih tarian Tari Bungong Jeumpa dengan kelompoknya. Mandiri
  • Siswa berlatih dengan gerakan dasar dan formasi yang benar. Critical Thinking and Problem Solving
  • Siswa berlatih dengan iringan musik tanpa aba-aba hitungan.
  • Guru memotivasi siswa bahwa menari menggunakan penghayatan.
  • Guru menyampaikan rubrik yang akan digunakan pada penilaianpembelajaran ke 6.


Penutup
  1. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehariIntegritas
  2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
  3. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
  4. Melakukanpenilaianhasilbelajar
  5. Mengajak semua siswa berdo’amenurut agama dan keyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius


C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman 1

Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 


 ..........................                                                                                           .......................

 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel