RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup 2
Senin, 27 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup 2 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk
Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Hewan Sahabatku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : PPkn, SBdP
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah berdiskusi, siswa mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan sila
keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan
sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
3. Setelah mengamati berbagai contoh patung nusantara, siswa mampu
merencanakan desain patung dan maknanya secara rinci.
4. Dengan menggunakan bahan tanah liat, lilin malam, atau adonan plastisin,
siswa mampu membuat patung dengan rinci.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
·
Sebelum memulai
pembelajaran, guru mengajak siswa untuk bercurah pendapat tentang pengalaman berkunjung
ke tempat yang tidak menyenangkan.
Apa yang mereka lakukan?
Ayo
Mencoba
·
Siswa melanjutkan kegiatan
dengan membaca teks bacaan. Guru kemudian mengajukan pertanyaan untuk
mengecek pemahaman siswa.
·
Secara individu, siswa
menjawab pertanyaan yang ada di buku teks dan menukarkan jawabannya dengan
teman sekelompok. Mereka kemudian mendiskusikan jawabannya.
·
Guru mendiskusikan
jawabannya secara klasikal. Guru meminta salah seorang dari siswa untuk
mempresentasikan hasilnya. Siswa lain
bisa memberikan komentar atau mempertanyakan isi persentasi.
·
Di akhir kegiatan, guru
bersama siswa mendiskusikan kembali tentang pengamalan nilai Pancasila.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
·
Secara individu siswa
harus menemukan contoh pengamalan sila keempat dalam kehidupan sehari-hari
dan penerapannya. (Mandiri)
·
Guru menerangkan daftar
periksa yang akan digunakan dalam penilaian.
Ayo
Berkreasi
·
Siswa mengamati patung
tanah liat. Kalau memungkinkan, guru dapat membawa contoh patung asli.
·
Siswa menuliskan beberapa
rencana model patung dan mendiskusikannya dengan teman sebelah. Mereka mendiskusikan pilihan rancangan, makna, dan
alasannya.
·
Siswa akhirnya harus
memilih salah satu dari beberapa model patung dan mulai membuatnya.
(Creativity and Innovation)
|
140
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
A. Ayo Renungkan
·
Siswa melakukan
perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa.
·
Guru dapat menambahkan
pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran Buku
Guru.
B.
Kerja Sama dengan Orang Tua
·
Siswa diminta
berdiskusi bersama orangtua bagaimana caranya menerapkan nilai-nilai dari
sila keempat di lingkungan sekitar rumah.
·
Siswa menyampaikan
hasilnya kepada guru.
C.
Menyanyikan salah satu
lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme,
Persatuan, dan Toleransi
D.
Salam dan doa penutup
dipimpin oleh salah satu siswa (Religius)
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD Tema 1
RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD Tema 1
Subtema 2
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 4
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc