RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia 1
Jumat, 14 Agustus 2020
Tambah Komentar
RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Manfaat Tumbuhan bagi
Kehidupan Manusia 1 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
3 /1
Tema : Menyayangi Tumbuhan dan
Hewan (Tema 2)
Sub Tema : Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia (Sub
Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu :
1 hari
A.
TUJUAN
1. Dengan memperhatikan tanda baca, siswa dapat
membaca dongeng dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
2. Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat
mengidentifikasi informasi isi dongeng yang didengar dengan tepat.
3. Dengan mengamati penjelasan guru, siswa dapat
menemukan sifat pertukaran pada penjumlahan dengan tepat.
4. Dengan mengamati penjelasan guru, siswa dapat
menggunakan sifat pertukaran pada penjumlahan untuk menyelesaikan masalah
dengan tepat.
5. Dengan mengamati penjelasan guru, siswa dapat
mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dengan bernyanyi dengan tepat.
6. Dengan kegiatan bersama-sama, siswa dapat
memeragakan pola irama sederhana pada lagu ”Cemara” dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Ayo Membaca
·
Siswa membaca teks
dongeng secara bergantian dengan suara lantang. (Collaburation)
·
Setiap siswa membaca
satu paragraf. Pada kegiatan ini guru melakukan penilaian.
·
Siswa dan guru
mendiskusikan kata-kata yang belum dipahami siswa.
·
Siswa menjawab
pertanyaan berdasarkan isi dongeng yang telah dibacanya. (Critical Thinking and Problem
Formulation)
Ayo Berlatih
·
Siswa menyimak
penjelasan guru tentang sifat pertukaran pada penjumlahan.
·
Guru membawa 2 buah
kotak ke dalam kelas. Kotak pertama berisi 35 helai daun kering. Kotak kedua
berisi 15 helai daun kering. Guru dan siswa menghitung bersama banyaknya daun
kering di kotak pertama dan kedua. Salah satu siswa menjadi sukarelawan untuk
menuliskan penjumlahan berdasarkan banyaknya daun kering di kedua kotak.
35 + 15 = 50
·
Guru mengubah letak
kotak pertama dengan kotak kedua. Salah satu siswa menjadi sukarelawan
menuliskan penjumlahan berdasarkan pertukaran tempat kedua kotak. Guru
mengoreksi penjumlahan yang telah ditulis siswa.
15 + 35 = 50
Jadi, 35 + 15 = 15 + 35
·
Guru memberikan contoh
lagi dengan penjumlahan lain:
120 + 930 = 1050
930 + 120 = 1050
Jadi, 120 + 930 = 930 + 120
·
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa jika ada hal yang ingin ditanyakan.
·
Guru menjawab
pertanyaan-pertanyaan siswa.
·
Siswa mengerjakan
latihan soal-soal dengan mem
perhatikan sifat pertukaran pada penjumlahan. Guru menilai hasil
pekerjaan siswa.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Bernyanyi
·
Siswa dan guru
mendiskusikan pohon cemara sebagai tumbuhan yang banyak memiliki manfaat.
·
Kayu cemara dapat
digunakan untuk membuat perabot rumah tangga. Daun cemara dapat dijadikan teh
yang banyak mengandung vitamin C. Pohon cemara dapat diolah menjadi minyak
yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit sinus dan juga batuk.
·
Guru mencontohkan cara
menyanyi lagu Cemara ciptaan AT. Mahmud yang diikuti oleh siswa. Pada saat
guru menyanyikan lagu Cemara pada bait pertama dan kedua, sambil menunjukkan
kertas origami (bisa kertas lain) berwarna biru.
Saat guru menyanyikan bait ketiga,
guru menunjukkan kertas origami (bisa
kertas lain) berwarna kuning.
Guru menunjukkan kertas origami (bisa kertas lain)
berwarna hijau saat
menyanyikan bait keempat. Hal ini dilakukan dengan
tujuan mengenalkan pola irama yang ada pada lagu cemara.
·
Siswa menyanyikan lagu
Cemara bersama-sama yang dipandu oleh guru.
·
Guru membimbing siswa
menyanyikan lagu Cemara dimana syair diganti dengan senandung
la…la…la…la…….la sambil menepuk meja. Siswa melakukan kegiatan ini untuk
memeragakan pola irama sederhana pada lagu.
·
Siswa dibagi dalam
beberapa kelompok. Tiap kelompok menyanyikan lagu Cemara secara bergantian.
·
Siswa menyanyi lagu
Cemara secara individual bila waktu masih tersedia.
(Creativity and Innovation)
|
140
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Siswa mapu mengemukan hasil
belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 3 SD Tema 1
Subtema 1
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 4
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia 1"
Posting Komentar