Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 Pertumbuhan Hewan 2 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 Pertumbuhan Hewan 2 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) 
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI .... 
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019) 

Satuan Pendidikan : SD/MI  .....................
Kelas / Semester :  3 /1
Tema                       :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema                :  Pertumbuhan Hewan (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu :  Bahasa Indonesia, PPkN, PJOK
Pembelajaran ke     :  2
Alokasi waktu        :  1 hari

A. TUJUAN

  1. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan kucing dengan tepat.
  2. Setelah membaca, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan kucing dengan tepat
  3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam sebuah  permainan sederhana dengan benar.
  4. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam sebuah  permainan sederhana dengan percaya diri.
  5. Setelah mengamati permainan, siswa dapat menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan benar.
  6. Setelah mengamati permainan, siswa dapat menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu  dalam menjalankan satu kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan benar.


B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN 

Pembukaan

  1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)


Inti Kegiatan
Ayo Mengamati 

  • Siswa mengamati dan membaca teks yang ada pada buku.
  • Teks bercerita tentang perkembangbiakan kucing dan cara merawatnya.
  • Siswa berdiskusi tentang pengalaman merawat kucing. (Creativity and Innovation)
  • Siswa juga dapat menceritakan pengalaman yang berkesan saat bermain dengan kucing.
  • Siswa berlatih menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibaca.
  • Setelah menjawab bisa saling memeriksa kebenaran jawaban yang telah ditulisnya. (Collaburation)

Ayo Berdiskusi 

  • Siswa diajak berdiskusi mengenai salah satu isi teks yang menyampaikan bahwa anak kucing Siti berwarna macam-macam.
  • Siswa mendiskusikan alasan warna anak kucing tidak semuanya sama dengan warna induknya.
  • (Critical Thinking and Problem Formulation)
  • Hal tersebut dikarenakan warna anak kucing dipengaruhi oleh warna induk jantan dan betina. Jadi tidak hanya warna induk betina saja yang muncul, tapi juga warna induk jantan, dan campuran keduanya.

Ayo Menulis

  • Siswa diminta menyebutkan berbagai hewan yang memiliki kesamaan ciri dengan kucing.
  • Kucing memiliki ciri-ciri kulit berambut, berkembang biak dengan cara melahirkan, menyusui, dan berkaki empat.
  • Beberapa contoh hewan yang memiliki kesamaan ciri dengan kucing diantaranya adalah sapi, kambing, monyet, kuda, dan kerbau.
  • Kelompok hewan dengan kesamaan ciri tersebut disebut dengan mamalia.
  • (Creativity and Innovation)

Ayo Mencoba

  • Kuda memiliki kesamaan dengan kucing. Berkaki empat, kulinya berambut, berkembang biak dengan cara melahirkan, dan menyusui.
  • Kuda memiliki kaki yang kuat dan mampu berlari dengan cepat.
  • Siswa berlatih menirukan gerak kuda saat berlari dan melompat.
  • Siapkan karet sebagai pengganti papan lompatan.
  • Beri tanda permulaan berlari dan melompat.
  • Pilihlah dua orang yang bertugas memegang karet.
  • Cobalah berlari dan melompat.
  • Tinggi karet dapat ditambah sampai batas yang bisa kamu lompati.
  • Siswa mengevaluasi diri masing-masing mengenai batas kemampuan melompat.

Ayo Berdiskusi

  • Siswa menyampaikan pendapat tentang sikap yang harus dilakukan saat melihat perbedaan di depan teman-temannya. (Creativity and Innovation)
  • Siswa diingatkan bahwa saling menghargai dan menyayangi adalah sikap yang harus dilakukan.
  • Semua perbedaan ini diciptakan oleh Tuhan yang harus kita syukuri sebagai ucapan terima kasih kita padaNya.

Penutup

  1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 
  2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 
  3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
  4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.



C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 3

Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                               Guru Kelas 

 ..........................                                                                             .......................

 NIP. ..................                                                                               NIP. ................

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel