RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 2 (Berbagi RPP)
Minggu, 26 Juli 2020
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
3 /1
Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan
Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema :
Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPkN, PJOK
Pembelajaran ke :
2
Alokasi waktu :
1 hari
A.
TUJUAN
1. Setelah melakukan wawancara, siswa dapat
mengidentifikasi istilah-istilah pada pertumbuhan dan perkembangan dirinya
dengan tepat.
2. Setelah melakukan wawancara orang tua, siswa
dapat menuliskan cerita pertumbuhan dan perkembangan dirinya menggunakan
infomasi yang diterima dengan tepat.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan
prosedur kombinasi gerakan merangkak dan berlari melalui permainan sederhana
dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan
prosedur kombinasi gerakan merangkak dan berlari melalui permainan sederhana
dengan benar
5. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan
manfaat bersatu dalam keberagaman di sekolah
6. Setelah mengamati gambar, siswa dapat
menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu
kegiatan di sekolah
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Ayo Menulis
·
Siswa mengidentifikasi
informasi apa saja yang diterima dari orang tua mengenai proses pertumbuhan
dan perkembangan yang dialaminya. Misalnya, berat badan saat lahir, usia saat
pertama kali bisa merangkak atau berjalan, dan lain-lain. (Critical
Thinking and Problem Formulation)
·
Siswa menuliskan
kembali informasi tersebut menjadi sebuah cerita tentang pertumbuhan dan
perkembangan dirinya.(Creativiti and Innovation)
Ayo Mencoba
·
Perkembangan kekuatan
dan kecepatan juga berbeda-beda.
·
Siswa diajak bermain
adu kecepatan berjalan merangkak dan berlari.
·
Tahapan kegiatan
adalah sebagai berikut.
Ø Buatlah garis lintasan dan beri tulisan garis start dan finish terlebih
dahulu.
Ø Berbarislah di depan garis start. Bersiaplah berjalan merangkak mulai
garis start.
Ø Setelah diberi aba-aba oleh gurumu, merangkaklah dari garis start sampai garis finish.
Ø Setelah sampai garis finish, kembalilah ke garis start dengan cara
berlari.
Ø Siswa yang paling cepat sampai di garis start adalah pemenangnya.
·
Selain tinggi dan
berat badan, setiap orang juga memiliki kekuatan yang berbeda. Kekuatan ini
juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Misalnya, perbedaan pertumbuhan tulang
dan otot. Semua perbedaan anugerah Tuhan, kita wajib mensyukurinya.
Ayo Mengamati
·
Siswa membaca teks
tentang “Menghargai Perbedaan”.
·
Siswa berlatih
menuliskan pendapatnya jika melihat perbedaan yang ada di sekitar.
Ayo Berlatih
·
Siswa menyampaikan
pendapatnya di depan teman-teman.(Creativity and Innovation)
·
Siswa diingatkan
kembali tentang contoh–contoh sikap yang merupakan pengamalan Pancasila.
Saling menghormati dan menyayangi antarsesama termasuk pengamalan sila kedua
Pancasila.
|
140
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.
Guru memberikan
penguatan dan kesimpulan
3.
Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 3 SD Tema 1
Subtema 1
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 4