Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 2 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 2 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  3 /1
Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema                   : Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia, PPkN, PJOK
Pembelajaran ke        :  2
Alokasi waktu             :  1 hari

A.   TUJUAN
1.    Setelah melakukan wawancara, siswa dapat mengidentifikasi istilah-istilah pada pertumbuhan dan perkembangan dirinya dengan tepat.
2.    Setelah melakukan wawancara orang tua, siswa dapat menuliskan cerita pertumbuhan dan perkembangan dirinya menggunakan infomasi yang diterima dengan tepat.
3.    Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan merangkak dan berlari melalui permainan sederhana dengan benar.
4.    Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan merangkak dan berlari melalui permainan sederhana dengan benar
5.    Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan manfaat bersatu dalam keberagaman di sekolah
6.    Setelah mengamati gambar, siswa dapat menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan di sekolah

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit
Kegiatan
Inti
Ayo Menulis
·         Siswa mengidentifikasi informasi apa saja yang diterima dari orang tua mengenai proses pertumbuhan dan perkembangan yang dialaminya. Misalnya, berat badan saat lahir, usia saat pertama kali bisa merangkak atau berjalan, dan lain-lain. (Critical Thinking and Problem Formulation)
·         Siswa menuliskan kembali informasi tersebut menjadi sebuah cerita tentang pertumbuhan dan perkembangan dirinya.(Creativiti and Innovation)

Ayo Mencoba
·         Perkembangan kekuatan dan kecepatan juga berbeda-beda.
·         Siswa diajak bermain adu kecepatan berjalan merangkak dan berlari.
·         Tahapan kegiatan adalah sebagai berikut.
Ø  Buatlah garis lintasan dan beri tulisan garis start dan finish terlebih dahulu.
Ø  Berbarislah di depan garis start. Bersiaplah berjalan merangkak mulai garis start.
Ø  Setelah diberi aba-aba oleh gurumu, merangkaklah dari garis  start sampai garis finish.
Ø  Setelah sampai garis finish, kembalilah ke garis start dengan cara berlari.
Ø  Siswa yang paling cepat sampai di garis start adalah pemenangnya.
·         Selain tinggi dan berat badan, setiap orang juga memiliki kekuatan yang berbeda. Kekuatan ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Misalnya, perbedaan pertumbuhan tulang dan otot. Semua perbedaan anugerah Tuhan, kita wajib mensyukurinya.

Ayo Mengamati
·         Siswa membaca teks tentang “Menghargai Perbedaan”.
·         Siswa berlatih menuliskan pendapatnya jika melihat perbedaan yang ada di sekitar.

Ayo Berlatih
·         Siswa menyampaikan pendapatnya di depan teman-teman.(Creativity and Innovation)
·         Siswa diingatkan kembali tentang contoh–contoh sikap yang merupakan pengamalan Pancasila. Saling menghormati dan menyayangi antarsesama termasuk pengamalan sila kedua Pancasila.

    140
    menit

Kegiatan
Penutup
1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

    15
    menit





C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 3





Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 





 ..........................                                                                                           .......................

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel