Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Kegiatan Berbasis Proyek 1 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Kegiatan Berbasis Proyek  1 - Berbagi RPP Team Pada kesempatan kali ini telah  menyiapkan contoh dan file download Dokument pembelajaran berupa RPP untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  5 /1
Tema                           :  Organ Gerak Hewan dan Manusia ( Tema 1)
Sub Tema                  :  Kegiatan Berbasis Proyek (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke         :  1
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   TUJUAN
  1. Dengan menulis, siswa dapat membuat ide pokok secara percaya diri.
  2. Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf dengan tanggung jawab.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN



Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.    Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2.    Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3.    Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4.    Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5.    Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi
10 menit
Inti
A.   Kegiatan 1
Membuat Papan Catur
-  Dilakukan secara berkelompok.
-  Dilakukan di luar kelas.
  • Siswa menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk membuat papan catur.
  • Guru meminta siswa untuk membaca dan memahami langkah kerja terlebih dahulu.
  • Selama kegiatan berlangsung, guru selalu menekankan aspek kebersihan, kerapian, kerja sama, dan keselamatan kerja.
  • Selama kegiatan berlangsung, guru berkeliling dan membimbing kelompok-kelompok yang mengalami kesulitan.
  • Pada akhir kegiatan, guru meminta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
  • Guru juga meminta masing-masing kelompok menceritakan kesulitan-kesulitan yang dihadapi selama membuat papan catur.
Membuat Ide Pokok
-    Dilakukan secara mandiri
-    Dilakukan di dalam kelas
-    Siswa menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk membuat ide pokok.

B.   Kegiatan 2
  • Guru meminta siswa untuk kembali mengingat cara menentukan dan membuat ide pokok bacaan.

  • Guru memastikan siswa benar-benar memahami cara membuat ide pokok.
Membuat Ide Pokok
-        Dilakukan secara mandiri
-        Dilakukan di dalam kelas
-        Siswa menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk membuat ide pokok.
-        Guru meminta siswa untuk membaca dan memahami langkah kerja terlebih dahulu.
Mengembangkan ide pokok menjadi bacaan:
-        Siswa mengembangkan ide pokok yang telah dibuat menjadi bacaan secara mandiri.
-        Bacaan yang dibuat siswa harus menunjukkan keterikatan antara ide pokok dengan kalimat penjelasnya.
-        Bacaan yang dibuat siswa juga harus menujukkan keterkaitan antara paragraf satu dengan yang lainnya sehingga menjadi sebuah bacaan yang utuh.
·         Selama kegiatan berlangsung, guru berkeliling dan membimbing siswa  yang mengalami kesulitan.
·         Pada akhir kegiatan guru meminta masing-masing siswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
·         Guru juga meminta masing-masing siswa menceritakan kesulitan-kesulitan yang dihadapi selama membuat papan catur..

150 menit
Penutup
1.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.    Salam dan do’a penutup.
15 menit




C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 1

Mengetahui

Kepala Sekolah,                                                                                          Guru Kelas 



 ..........................                                                                                     .......................
NIP. ..................                                                                                      NIP. ................


RPP K13 1 Lembar Kelas 5 SD  Tema 1 
Subtema 1
RPP K13 1 Lembar Kelas 5 SD  Tema 1 
Subtema 3



RPP K13 1 Lembar Kelas 5 SD  Tema 1 
Subtema 4

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Kegiatan Berbasis Proyek 1 (Berbagi RPP)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel