Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Kegiatan Berbasis Proyek 2 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Kegiatan Berbasis Proyek  2 - Berbagi RPP Team Pada kesempatan kali ini telah  menyiapkan contoh dan file download Dokument pembelajaran berupa RPP untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  5 /1
Tema                           :  Organ Gerak Hewan dan Manusia ( Tema 1)
Sub Tema                  :  Kegiatan Berbasis Proyek (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke         :  2
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   TUJUAN
  1. Dengan mengamati gambar komik, siswa dapat mengetahui gerakan-gerakan yang memanfaatkan kerja organ gerak dengan peduli.
  2. Dengan menggambar, siswa dapat membuat komik tentang gerakan-gerakan dalam bermain bola dengan disiplin.
  3. Dengan menulis, siswa dapat membuat bacaan berdasarkan komik dengan tanggung jawab.
  4. Dengan membuat boneka gerak, siswa dapat mengetahui cara kerja organ gerak dengan peduli.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN



Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.    Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2.    Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3.    Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4.    Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5.    Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi
10 menit
Inti
A.   Kegiatan 1
  • Guru meminta siswa untuk kembali mengingat arti dan ciri-ciri komik.
  • Guru menstimulus ingatan dan pemahaman siswa dengan memberikanpertanyaan-pertanyaan pancingan.
  • Guru menujuk siswa secara spontan dan acak untuk mengemukakan artdan ciri-ciri komik.
  • Guru memastikan siswa benar-benar memahami arti dan ciri-ciri komik.
Membuat Komik.
-       Dilakukan secara mandiri.
-       Dilakukan di dalam kelas.
-       Siswa menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk membuat komik.
-       Guru meminta siswa untuk membaca dan memahami langkah kerja terlebih dahulu.
  • Selama kegiatan berlangsung, guru berkeliling dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan.
  • Pada akhir kegiatan guru meminta masing-masing siswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
  • Guru juga meminta masing-masing siswa menceritakan kesulitan-kesulitan yang dihadapi selama membuat komik.


B.   Kegiatan 2
  • Guru meminta siswa untuk kembali mengingat cara menentukan dan membuat ide pokok bacaan dan mengembangkannya menjadi sebuah bacaan.
  • Guru mengajarkan cara membuat bacaan berdasarkan komik. Jadikan setiap adegan pada gambar dan teks utama pada komik menjadi ide pokok untuk kemudian dikembangkan menjadi bacaan.
  • Guru memastikan siswa benar-benar memahami cara membuat ide pokok.
Membuat bacaan
-          Dilakukan secara mandiri.
-          Dilakukan di dalam kelas.
-          Siswa menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk membuat bacaan.
-          Guru meminta siswa untuk membaca dan memahami langkah kerja terlebih dahulu.
  • Selama kegiatan berlangsung, guru berkeliling dan membimbing siswa  yang mengalami kesulitan.
  • Pada akhir kegiatan, guru meminta masing-masing siswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
  • Guru juga meminta masing-masing siswa menceritakan kesulitan-kesulitan yang dihadapi selama membuat bacaan.
C.   Kegiatan 3
·         Guru meminta siswa untuk kembali mengingat organ gerak pada manusia.
Membuat Boneka Gerak
-          Dilakukan secara kelompok.
-          Dilakukan di dalam kelas.
-          Siswa menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk membuat boneka gerak.
-          Guru meminta siswa untuk membaca dan memahami langkah kerja terlebih dahulu.
  • Selama kegiatan berlangsung, guru berkeliling dan membimbing kelompok  yang mengalami kesulitan.
  • Pada akhir kegiatan, guru meminta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
  • Guru juga meminta masing-masing siswa menceritakan kesulitan-kesulitan yang dihadapi selama membuat boneka gerak.
150 menit
Penutup
1.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
15 menit




C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 1

Mengetahui

Kepala Sekolah,                                                                                          Guru Kelas 



 ..........................                                                                                     .......................
NIP. ..................                                                                                      NIP. ................


RPP K13 1 Lembar Kelas 5 SD  Tema 1 
Subtema 1
RPP K13 1 Lembar Kelas 5 SD  Tema 1 
Subtema 3

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Kegiatan Berbasis Proyek 2 (Berbagi RPP)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel